Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • PSMTI Riau Tampilkan Atraksi Barongsai dan Tarian Naga

Cari

Tampilkan Berita

PSMTI Riau Tampilkan Atraksi Barongsai dan Tarian Naga

RP

Sabtu, 20 Agustus 2022

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) – Ikut memeriahkan pawai budaya di Gedung Daerah Riau, Sabtu (20/8), Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau menampilkan atraksi barongsai dan tarian naga. Atraksi ini pun mendapat sambutan meriah masyarakat yang hadir.


PEKANBARU (RIAUPOS.CO) – Ikut memeriahkan pawai budaya di Gedung Daerah Riau, Sabtu (20/8), Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau menampilkan atraksi barongsai dan tarian naga. Atraksi ini pun mendapat sambutan meriah masyarakat yang hadir.

Kepada Riau Pos, Ketua Dewan Pembina PSMTI Riau Peng Suyoto menjelaskan PSMTI Riau yang merupakan bagian dari Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Riau diundang untuk memeriahkan pawai budaya. Kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 77 Kemerdekaan RI dan HUT ke-65 Provinsi Riau.

"PSMTI Riau rutin mengikuti pawai budaya yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Riau. Tahun ini, PSMTI Riau menampilkan atraksi barongsai dan tarian naga," katanya. Tak hanya menampilkan barongsai, pengurus PSMTI Riau juga menggunakan baju tradisional cheongsam dalam parade tersebut.

Bahkan Peng Suyoto mengaku senang dapat berkumpul kembali untuk menyaksikan bebagai seni dan budaya dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau dimana terdapat kesenian dari provinsi lain di Indonesia yang ditampilkan dalam pawai budaya yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan Provinsi Riau dikuti sebanyak 72 kelompok dari kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

Sejumlah tarian dan atraksi ditampilkan, termasuk marching band. Mulai dari penampilan budaya Masyarakat Adat Bonai, Talang Mamak, Anak Rawa dan lainnya. Terdapat juga lompat batu dan tari perang dari tim pawai Nias, silek harimau dari tim kesenian Minang, reog dari tim kesenian Jawa dan penampilan lainnya dari berbagai daerah di nusantara.

"Kami berharap kegiatan ini dapat rutin dilaksanakan agar kita seling mengenal dan menghargai budaya yang dimiliki daerah lain yang ada di Indonesia serta dapat mempererat jalinan silaturahmi di antara seluruh peserta pawai budaya," harapnya.

Sementara itu, Gubernur Riau H Syamsuar MSi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat dalam rangka meramaikan pawai budaya yang memang sudah lama dinantikan.

"Semoga kegiatan bisa dilaksanakan setiap tahun untuk mempererat silaturahmi. Kemudian menjaga rasa persatuan dan kesatuan," terang Gubri.(ayi)



Sumber Berita
https://riaupos.jawapos.com/pekanbaru/22/08/2022/280284/psmti-riau-tampilkan-atraksi-barongsai-dan-tarian-naga.html

Share:

Komentar (0)

Belum ada Komentar.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS