Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • PSMTI Riau Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan Batik

Cari

Tampilkan Berita

PSMTI Riau Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan Batik

PR

Sabtu, 24 September 2022

PELITARIAU, Pekanbaru - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau, melalui Bidang Usaha & Ekonomi Kreatif menggelar kegiatan pelatihan kerajinan tangan batik yang diselenggarakan di Sekretariat PSMTI Riau selama 2 hari, Sabtu  dan Minggu  24  hingga 25 September 2022.


PELITARIAU, Pekanbaru - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau, melalui Bidang Usaha & Ekonomi Kreatif menggelar kegiatan pelatihan kerajinan tangan batik yang diselenggarakan di Sekretariat PSMTI Riau selama 2 hari, Sabtu  dan Minggu  24  hingga 25 September 2022.

Pelatihan ini dihadiri langsung oleh Ketua Harian PSMTI Riau Jailani Tan, dan Wakil Ketua Bidang Usaha & Ekonomi Kreatif PSMTI Riau, Iliyana.
Wakil Ketua Bidang Usaha & Ekonomi Kreatif PSMTI Riau Iliyana,  kepada PELITARIAU.com menyebutkan, Pelatihan ini diikuti oleh puluhan anggota PSMTI Riau dalam rangka menyambut hari batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober ini.
Dikatakannya, Pelatihan batik tulis dan Batik Cap ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para anggota PSMTI Riau, sehingga nantinya diharapkan dari anggota PSMTI Riau miliki para pembatik handal dan juga dapat digunakan sebagai modal untuk membuka usaha sendiri atau berwirausaha.
"Kami berharap dalam penyelenggaraan ini kami dapat ikut serta melestarikan warisan budaya batik Indonesia umumnya, batik Riau khususnya, sehingga akan muncul pelaku usaha kreatif yang bernilai budaya dan berdaya saing yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Riau khususnya, "sebut  Iliyana.
Dalam pelatihan ini, PSMTI Riau Bidang
Usaha & Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Puan Aspekraf Riau melalui Yunna Batik.
Sementara Koordinator Puan Aspekraf Riau Irna Juita menyebutkan, Pihaknya sangat mendukung kegiatan yang digelar Bidang Usaha & Ekonomi Kreatif PSMTI Riau ini. Dikatakannya Batik saat ini khusus di Riau perkembangannya saat pesat dikarenakan dapat meningkatkan pendapatan daerah.
"Kami memang punya program semarak batik menyapa dunia salah satu kegiatannya itu memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat tentang berbatik yang diharapkan paling kurang masyarakat mencintai batik Riau batik motif Riau dan mudah-mudahan memang jadi pembatik yang tidak hanya bisa melestarikannya tetapi juga bisa menjadi pelaku usahanya," terangnya.
PSMTI Riau dalam kegiatan ini menghadirkan instruktur berkompeten yakni Putri Yana dari Yunna Batik yang sangat berpengalaman menciptakan beragam motif batik di berbagai Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau.
"Kita mengajarkan para peserta teknik batik abstrak yang semudah mungkin bisa dipahami oleh mereka sehingga hilanglah pemikiran bahwa membatik itu sulit dan rumit tetapi setelah dipelajari tidak begitu sulit melainkan menyenangkan," kata Putri Yana.
Sementara, salah seorang peserta pelatihan kerajinan tangan batik ini Jessica,  mengaku senang mengikuti pelatihan ini. Dikatakannya, selama ini bagi dirinya dan para muda mudi Tionghoa membatik itu sangatlah susah, Namun dengan adanya pelatihan membatik ini, ternyata mudah dan keren karena bisa menciptakan motif yang sesuai keinginan. 
"Saya harap kegiatan ini bisa menjadi ajang tahun yang digelar rutin. Sehingga kita bisa lebih mengenal kekayaan budaya yang kita miliki," sebut Jessica. **Prc7

Sumber Berita
https://pelitariau.com/berita/detail/28092/psmti-riau-gelar-pelatihan-kerajinan-tangan-batik

Share:

Komentar (0)

Belum ada Komentar.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS