Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • PSMTI Riau Gelar Seminar Peran Pemuda Dalam Wawasan Kebangsaan

Cari

Tampilkan Berita

PSMTI Riau Gelar Seminar Peran Pemuda Dalam Wawasan Kebangsaan

MR

Minggu, 27 November 2022

PEKANBARU - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau melaksanakan seminar peran pemuda dalam wawasan kebangsaan. Seminar berlangsung di Hotel Furaya, Pekanbaru, Minggu (27/11/2022).


PEKANBARU - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau melaksanakan seminar peran pemuda dalam wawasan kebangsaan. Seminar berlangsung di Hotel Furaya, Pekanbaru, Minggu (27/11/2022).

Seminar menghadirkan Dewan Pakar PSMTI Riau, Dr. Nyoto, Ph.D sebagai narasumber utama. Terdapat pembicara lainnya, Nata Hedy Nyo, SE. MH, Effendy dan Eddy Budianto.

Dalam pemaparannya, Dr. Nyoto Ph.D Mengatakan, nilai nilai kebangsan perlu ditanamkan, terutama untuk pemuda sebagai tonggak bangsa. "Pemuda merupakan usia produktif, di tangan pemuda harapan bangsa dilanjutkan, baik pembangunan ekonomi, pendidikan dan lainnya," terangnya.

Kegiatan yang dilaksanakan hari ini, lanjutnya, salah satu upaya menanamkan jiwa-jiwa kebangsaan agar di dalam diri pemuda muncul rasa tanggung jawab terhadap pembangunan yang sifatnya berkelanjutan.  

Sementara dalam pemaparannya, Nyoto menjelaskan tentang tiga poin penting yang bisa dikaitkan dengan cita-cita dan tujuan hidup bangsa Indonesia, yaitu menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan bangsa dan negara Indonesia yang terdiri

dari beberapa suku bangsa yang mendiami banyak pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

Kemudian menumbuhkan rasa memiliki jiwa besar dan patriotisme untuk menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara. Sikap dan perilaku yang patriotik dimulai dari hal-hal yang sederhana, misalnya dengan saling tolong menolong, menciptakan kerukunan beragama dan toleransi dalam menjalankan ibadah sesuai agama masing-masing, saling menghormati dengan sesama dan menjaga keamanan lingkungan.

Memiliki kesadaran atas tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia yang menghormati lambang-lambang negara dan mentaati peraturan perundang- undangan.

Ketua PSMTI Riau, Stephen Sanjaya menyambut baik seminar ini, karena mengajak pemuda memahami wawasan kebangsaan. Sesuai dengan visi dan misi PSMTI untuk ikut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sebenarnya seminar dilaksanakan pada bulan Oktober lalu untuk memperinngati Hari Sumpah Pemuda, namun baru dapat terlaksana pada hari ini," kata Stephen.

Salah satu peserta dari BEM Pelita Indonesia, Fuma Wijaya mengaku senang dapat mengikuti seminar ini. "Acara luar biasa dalam menambah pengetahuan mahasiswa. Kami lebih sadar dan bisa lebih aktif dalam membangun negeri," tegasnya.

Seminar peran pemuda dalam wawasan kebangsaan diikuti sekitar 100 peserta dari ormas, lembaga agama dan lembaga pendidikan di Pekanbaru. Diisi juga tanya jawab peserta dengan narasumber.*

Sumber Berita
https://www.metroriau.com/berita/14815-psmti-riau-gelar-seminar-peran-pemuda-dalam-wawasan-kebangsaan.html

Share:

Komentar (0)

Belum ada Komentar.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS