Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • Perayaan Cap Go Meh Bersama Berlangsung Meriah

Cari

Tampilkan Berita

Perayaan Cap Go Meh Bersama Berlangsung Meriah

RP

Sabtu, 24 Februari 2024

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Setelah perayaan detik-detik Imlek bersama tidak dilakukan di Kota Pekanbaru, namun Panitia Imlek Bersama 2024 yang merupakan gabungan dari sejumlah organisasi Tionghoa di Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau mengadakan perayaan Cap Go Meh Bersama di Ballroom Hotel Furaya, Sabtu (24/2/2024).


PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Setelah perayaan detik-detik Imlek bersama tidak dilakukan di Kota Pekanbaru, namun Panitia Imlek Bersama 2024 yang merupakan gabungan dari sejumlah organisasi Tionghoa di Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau mengadakan perayaan Cap Go Meh Bersama di Ballroom Hotel Furaya, Sabtu (24/2/2024).
 
Perayaan yang diawali dengan penyalaan kembang api yang dilakukan oleh Ketua Panitia Imlek Bersama Tahun 2024, Romo Toni Tatanasurya bersama Sekretaris Umum (Sekum) PSMTI Peng Suyoto, Asisten I Pemerintah Provinsi Riau Zulkifli Syukur, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP, dan jajaran Forkopimda Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru.
 
Selain itu, perayaan Cap Go Meh 2024 juga dimeriahkan dengan atraksi barongsai, tarian kesenian khas tradisional Tionghoa lainnya serta door prize dengan hadiah utama sepeda motor.
 
Ketua Panitia Imlek Bersama Tahun 2024, Romo Toni Tatanasurya mengatakan, perayaan Cap Go Meh bersama ini bertepatan dengan tanggal 15 bulan pertama Imlek. Istilah Cap Go Meh berasal dari dialek bahasa Hokkian yang artinya malam ke-15.
 
Acara ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi sekaligus penutup Imlek 2024 yang dirayakan secara sederhana lantaran bertepatan dengan pesta demokrasiIndonesia di tahun 2024 ini.
 
Meksipun begitu, dalam perayaan Cap Go Meh di Pekanbaru diisi dengan acara hiburan, kesenian, kebudayaan, dan barongsai. Beberapa pekan sebelum Imlek panitia Imlek bersama juga melaksanakan berbagai kegiatan sosial seperti donor darah, bantuan sembako kepada masyarakat di Kota Pekanbaru yang terkena bencana banjir, paket Imlek bagi masyarakat Tionghoa prasejahtera dan lain-lain.
 
“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, dan berharap ke depannya dapat terus bersinergi untuk menjalin silaturahmi antarumat beragama,” tuturnya.
 
Sementara itu, Asisten I Pemerintah Provinsi Riau Zulkifli Syukur mengucapkan selamat perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2575/2024 kepada warga Tionghoa di Provinsi Riau dan berharap seluruh pihak agar saling menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada di Provinsi Riau serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan di Provinsi Riau.
 
Apalagi dengan perayaan Imlek yang digelar secara berkesinambungan menjadi bukti bahwa Provinsi Riau dapat menghargai dan saling mengormati kebebasan dalam agama dan juga berbudaya.
 
“Kami berharap ke depan, kebudayaan ini dapat terus berlanjut karena dapat menjadi media dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” tuturnya.
 
Sementara itu, Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Datuk Seri Marjohan mengaku senang sekali dapat hadir bersama-sama merayakan Cap Go Meh bersama ini dalam tahun naga kayu ini. Dia berpesan agar jalinan persaudaraan, persatuan, dan kesatuan dapat dijunjung tinggi meksipun berbeda suku, agama dan juga tingkat pendidikan, karena seluruh masyarakat yang tinggal di Provinsi Riau merupakan warga negara kesatuan Republik Indonesia.(ayi)

Sumber Berita
https://riaupos.jawapos.com/riau/2254370538/perayaan-cap-go-meh-bersama-berlangsung-meriah

Share:

Komentar (0)

Belum ada Komentar.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS